adapun kriteria penilaian Lomba dapat dilihat di web MAN 2 Pesisir Selatan.ardi.nq@gmail.com
PEDOMAN
PENILAIAN KEBERSIHAN KELAS
Tanggal Penilaian :………………………………….
Kelas :………………………………….
Nama Penilai :………………………………….
I. JURI I
1.
Kebersihan
lantai
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat bersih
|
lantai bebas dari pasir, tanah, kertas berserakan dan
plastik serta tempat sampah kosong
|
4
|
bersih
|
lantai bebas pasir, tanah, kertas berserakan dan
plastik serta tempat sampah berisi
|
3
|
kurang bersih
|
lantai ada pasir, tanah,plastik, tidak ada kertas, dan
tempat sampah kosong
|
2
|
kotor
|
lantai ada pasir, tanah, kertas berserakan, plastik dan
tempat sampah kosong
|
1
|
sangat kotor
|
lantai per baris terdapat pasir, tanah, kertas
berserakan dan tempat sampah penuh
|
2.
Kebersihan lemari kelas
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat bersih
|
100 % bebas coretan, debu dan sampah dalam
lemari
|
4
|
bersih
|
bebas
coretan, debu dan sampah dalam lemari
|
3
|
kurang bersih
|
bebas
coretan, terdapat debu dan tidak terdapat sampah dalam lemari
|
2
|
kotor
|
terdapat
coretan, debu dan bebas dari sampah dalam lemari
|
1
|
sangat kotor
|
terdapat
coretan, debu dan sampah dalam lemari
|
3.
Kebersihan
meja dan kursi
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat bersih
|
100 % bebas coretan, debu atau sampah dalam/di bawah
meja
|
4
|
bersih
|
3 meja/kursi ada coretan, debu, sampah dalam/di bawah
meja
|
3
|
kurang bersih
|
4 meja/kursi ada coretan, debu atau sampah dalam/di
bawah meja
|
2
|
kotor
|
5 meja/kursi ada coretan, debu atau sampah dalam/di
bawah meja
|
1
|
sangat kotor
|
jika > 5 meja/kursi ada coretan, debu atau sampah
dalam/di bawah meja
|
4.
Kebersihan
papan tulis
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat bersih
|
100 % bebas dari coretan, sisa kapur atau spidol
|
4
|
bersih
|
bebas dari
coretan dan terdapat sisa kapur atau spidol
|
3
|
kurang bersih
|
terdapat sedikit coretan, sisa kapur atau spidol
|
2
|
kotor
|
banyak coretan, dan terdapat sisa kapur atau spidol
|
1
|
sangat kotor
|
terdapat banyak coretan dan endapan sisa kapur atau
spidol
|
5.
Kebersihan
jendela
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat bersih
|
100 % jendela bebas coretan/debu, dan dibuka
|
4
|
bersih
|
1 jendela ada coretan/debu, dan 1 jendela tertutup
|
3
|
kurang bersih
|
2 jendela ada coretan/debu, dan 2 jendela tertutup
|
2
|
kotor
|
3 jendela ada
coretan/debu, dan semua jendela ditutup
|
1
|
sangat kotor
|
jika > 3 jendela ada coretan/debu, dan semua jendela
ditutup
|
6.
Keberadaan
gambar presiden dan wakil presiden
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat rapih
|
ada, terpasang sejajar, tidak berdebu
|
4
|
rapih
|
ada, terpasang sejajar,
berdebu
|
3
|
kurang rapih
|
ada, tidak sejajar, berdebu
|
2
|
tidak rapih
|
hanya ada salah satu, berdebu
|
1
|
sangat tidak rapih
|
tidak ada gambar presiden dan wakil presiden
|
7.
Keberadaan
penunjuk waktu
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat rapih
|
ada, terpasang, menyala, tidak berdebu
|
4
|
rapih
|
ada, terpasang, menyala, berdebu
|
3
|
kurang rapih
|
ada, terpasang, tidak menyala, berdebu
|
2
|
tidak rapih
|
ada, tidak terpasang, tidak menyala, dan berdebu
|
1
|
sangat tidak rapih
|
tidak ada penunjuk waktu
|
8.
Keberadaan
agenda guru dan daftar hadir siswa
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat rapih
|
ada, tidak ada coretan pada sampul, terisi
|
4
|
rapih
|
ada, tidak ada coretan pada sampul, belum terisi
|
3
|
kurang rapih
|
ada, terdapat coretan pada sampul, belum terisi
|
2
|
tidak rapih
|
hanya ada salah satu, terdapat coretan pada sampul,
belum terisi
|
1
|
sangat tidak rapih
|
tidak ada agenda guru dan daftar hadir siswa
|
9.
Keberadaan
jadwal mata pelajaran
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat rapih
|
ada, mudah dibaca, tidak berdebu/coretan
|
4
|
rapih
|
ada, mudah dibaca, tidak ada coretan, dan berdebu
|
3
|
kurang rapih
|
ada, kurang terbaca, berdebu/ ada coretan
|
2
|
tidak rapih
|
ada, tidak terbaca, berdebu/ ada coretan
|
1
|
sangat tidak rapih
|
tidak ada jadwal mata pelajaran
|
10. Keberadaan struktur organisasi kelas
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat rapih
|
ada, mudah dibaca, tidak berdebu/coretan
|
4
|
rapih
|
ada, mudah dibaca, tidak ada coretan, dan berdebu
|
3
|
kurang rapih
|
ada, kurang terbaca, berdebu/ ada coretan
|
2
|
tidak rapih
|
ada, tidak terbaca, berdebu/ ada coretan
|
1
|
sangat tidak rapih
|
tidak ada struktur organisasi kelas
|
JURI II
11. Keberadaan ATK
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat rapih
|
spidol, pulpen, dan penghapus siap pakai disimpan pada
satu tempat yang tidak berdebu
|
4
|
rapih
|
spidol, pulpen, dan penghapus siap pakai disimpan pada
satu tempat yang berdebu
|
3
|
kurang rapih
|
spidol,pulpen,dan penghapus siap pakai tidak disimpan
pada satu tempat dan kotor
|
2
|
tidak rapih
|
spidol, pulpen,penghapus tidak siap pakai dan
disimpan tidak pada 1 tempat dan kotor
|
1
|
sangat tidak rapih
|
salah satu tidak ada
|
12.
Keberadaan inventaris
lemari
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat rapih
|
ketersediaan
barang pada lemari sesuai data
inventaris dan tidak berdebu/coretan
|
4
|
rapih
|
ketersediaan
barang pada lemari sesuai data inventaris
dan berdebu/coretan
|
3
|
kurang rapih
|
ketersediaan
barang pada lemari tidak sesuai data inventaris dan berdebu/coretan
|
2
|
tidak rapih
|
tidak
tersedia data inventaris barang dan berdebu/kotor
|
1
|
sangat tidak rapih
|
tidak
tersedia data inventaris barang, berantakan dan berdebu/kotor
|
13. Keberadaan jadwal piket harian
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat rapih
|
terpasang, mudah dibaca dan tidak berdebu
|
4
|
rapih
|
terpasang, mudah dibaca dan sedikit berdebu
|
3
|
kurang rapih
|
terpasang, kurang terbaca, berdebu
|
2
|
tidak rapih
|
terpasang, tidak terbaca, berdebu
|
1
|
sangat tidak rapih
|
tidak ada jadwal piket harian
|
14. Penataan meja guru
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat rapih
|
taplak meja, vas bunga, figura foto kelas tertata dan
tidak berdebu
|
4
|
rapih
|
tidak terdapat salah satu, tertata dan tidak
berdebu/coretan
|
3
|
kurang rapih
|
tidak terdapat salah satu, tertata dan berdebu/coretan
|
2
|
tidak rapih
|
hanya ada salah satu dan berdebu
|
1
|
sangat tidak rapih
|
tidak tersedianya taplak meja, vas bunga, figura foto
kelas
|
15. Penataan meja dan kursi siswa
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat rapi
|
tersusun rapi dari depan ke belakang, dari samping, dan
sebanding
|
4
|
rapih
|
tersusun rapi dari depan ke belakang, dari samping, dan
tidak sebanding
|
3
|
kurang rapih
|
tersusun rapi dari depan ke belakang, tidak rapi dari
samping, sebanding
|
2
|
tidak rapih
|
tersusun rapi dari depan ke belakang, tidak rapi dari
samping, tidak sebanding
|
1
|
sangat tidak rapih
|
tersusun tidak rapi dari depan ke belakang dan dari
samping
|
16. Penataan peralatan kebersihan kelas
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat rapi
|
tersedia
sapu, lap lantai, karbol, ember dalam wadah yang tidak berdebu
|
4
|
rapih
|
tersedia
sapu, lap lantai, karbol, ember dalam wadah yang berdebu
|
3
|
kurang rapih
|
tersedia
sapu, lap lantai, tidak ada ember dalam wadah berdebu
|
2
|
tidak rapih
|
tersedia
salah satu alat pembersih lantai dalam wadah berdebu
|
1
|
sangat tidak rapih
|
tidak
tersedia alat pembersih lantai dalam wadah berdebu
|
17. Kebersihan lantai di luar kelas
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat bersih
|
lantai
bebas dari pasir, tanah, kertas berserakan dan plastik serta tempat sampah
tertutup dan bersih
|
4
|
bersih
|
lantai
bebas dari pasir, tanah, kertas berserakan dan plastik serta tempat sampah
tertutup dan kotor
|
3
|
kurang bersih
|
lantai
bebas dari pasir, tanah, kertas berserakan dan plastik tetapi tempas sampah
terbuka
|
2
|
kotor
|
lantai
terdapat pasir, tanah, kertas berserakan dan tempat sampah terbuka
|
1
|
sangat kotor
|
lantai
terdapat pasir, tanah, kertas berserakan dan tempat sampah terbuka dan penuh
|
18. Kebersihan Bagian Belakang Kelas
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat bersih
|
Teras/
halaman belakang bersih secara
kontiniu dan kalau memungkinkan dihiasi taman
|
4
|
bersih
|
Teras/
halaman belakang bersih tidak ada
variasi taman
|
3
|
kurang bersih
|
Teras/
halaman belakang kurang bersih
|
2
|
kotor
|
Teras/
halaman belakang kurang bersih sampah
berserakan
|
1
|
sangat kotor
|
Teras/
halaman belakang kurang bersih dan
tidak dibersihkan
|
19. Pemilahan sampah organik dan anorganik
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat tertata
|
tong sampah tertutup dengan 100 % terpisahkan antara
sampah organik dan anorganik
|
4
|
tertata
|
tong sampah terbuka dengan 100 % terpisahkan antara
sampah organik dan anorganik
|
3
|
kurang tertata
|
tong sampah tertutup dengan tercampurnya antara sampah
organik dan anorganik
|
2
|
tidak tertata
|
tong sampah terbuka dengan tercampurnya sampah organik
dan anorganik
|
1
|
sangat tidak tertata
|
tidak terdapat tong sampah
|
JURI III
20. Keberadaan tanaman
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat tertata
|
tanaman pada pot yang bersih, tidak layu dan terdapat
keterangan tanamannya
|
4
|
tertata
|
tanaman pada pot yang kotor, tidak layu dan terdapat
keterangan tanamannya
|
3
|
kurang tertata
|
tanaman pada pot yang kotor, tidak layu dan tidak
terdapat keterangan tanamannya
|
2
|
tidak tertata
|
tanaman pada pot yang kotor, layu dan tidak terdapat
keterangan tanamannya
|
1
|
sangat tidak tertata
|
tidak terdapat tanaman
|
21. Desaian Taman
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat tertata
|
100 % susunan taman teratur dengan baik
|
4
|
tertata
|
80% Susunan taman teratur dengan baik
|
3
|
kurang tertata
|
50 % Susunan taman teratur dengan baik
|
2
|
tidak tertata
|
40% Susunannya taman teratur dengan baik
|
1
|
sangat tidak tertata
|
Susunannya acak-acakan.
|
22. Penanaman Bunga Puding
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat lengkap
|
Terdapat 5 (lima) tanaman pudding hidup setinggi 50 Cm
|
4
|
lengkap
|
Terdapat 4
(empat) tanaman pudding hidup setinggi
50 Cm
|
3
|
kurang lengkap
|
Terdapat 3
(tiga) tanaman pudding hidup setinggi 50 Cm
|
2
|
tidak lengkap
|
Terdapat 2 (dua)
tanaman pudding hidup setinggi 50 Cm
|
1
|
sangat tidak lengkap
|
Terdapat 1
(satu) tanaman pudding hidup setinggi
50 Cm.
|
23. Pemeliharaan dan tingkat kesuburan tanaman
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat subur
|
100% tanaman tumbuh dengan subur dan terdapat pupuk di
sekitar rumpunnya
|
4
|
subur
|
80% tanaman tumbuh dengan subur dan terdapat pupuk di
sekitar rumpunnya
|
3
|
kurang subur
|
60% tanaman tumbuh dengan subur dan terdapat pupuk di
sekitar rumpunnya
|
2
|
tidak subur
|
40% tanaman tumbuh dengan subur dan terdapat pupuk di
sekitar rumpunnya
|
1
|
sangat tidak subur
|
10% tanaman tumbuh dengan subur dan terdapat pupuk di
sekitar rumpunnya
|
24. Variasi taman dari Daur Ulang
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat baik
|
Terdapat 5 atau lebih tanaman tergantung dengan pot
daur ulang
|
4
|
baik
|
Terdapat 4 tanaman tergantung dengan pot daur ulang
|
3
|
kurang baik
|
Terdapat 3 atau
lebih tanaman tergantung dengan pot daur ulang
|
2
|
tidak baik
|
Terdapat 3 atau
lebih tanaman tergantung dengan pot daur ulang
|
1
|
sangat tidak baik
|
Terdapat 1 atau
lebih tanaman tergantung dengan pot daur ulang
|
25. Kosistensi pemeliharaan taman
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat konsisten
|
Taman terawat secara terus menerus (September s.d akhir penilaian)
|
4
|
konsisten
|
Taman terawat (September s.d akhir penilaian)
|
3
|
kurang konsisten
|
Taman kadang-kadang terawat (September s.d akhir penilaian)
|
2
|
tidak konsisten
|
Taman kurang
terawat (September s.d akhir penilaian)
|
1
|
sangat tidak konsisten
|
Taman tidak terawatt
terawat secara terus menerus
(September s.d akhir penilaian)
|
26. Variasi Bunga
Skor
|
Kriteria
|
Uraian
|
5
|
sangat baik
|
Terdapat 5 jenis atau lebih tanaman bunga dan tertata
rapi
|
4
|
baik
|
Terdapat 5 jenis
tanaman kurang tertata rapi
|
3
|
kurang baik
|
Terdapat 4 jenis
tanaman
|
2
|
tidak baik
|
Terdapat 3 jenis
tanaman
|
1
|
sangat tidak baik
|
Terdapat 1 jenis
tanaman
|
Ketentuan Penilaian:
1.
Penilaian dilakukan dari awal
September s.d hari sekolah
terakhir(penyerahan rapor)
2.
Penilaian dilakukan sebanya 3
kali penilaian tanpa pemberitahuan terlebih dahulu
3.
Penilaian dilakukan oleh 3 orang
Juri yang tidak terkait dengan masing-masing local
4.
Untuk point 2 dan 12 dimasukkan
dalam penilaian apabila terdapat lemari di lokal yang bersangkuta( 24 point
penilaian), bagi yang tidak ada, tidak dimasukkan dalam penilaian ( 22 point
penilaian)
5.
Keputusan Dewan juri tidak dapat
diganggu gugat.
6.
Teknik Penilaian:
Juri I = 25%
Juri II =25%
Juri III =50%
100%
Sago,
…………. 2017
Juri……………….
………………………………..
NIP …………………………..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar