Senin, 16 Oktober 2017

LOMBA PENILAIAN KELAS DIMULAI

Lomba Penilaian Kelas Terbersih dimulai di MAN 2 Pessel, hal ini dilakukan dalam rangka menggiatkan kebersihan di madrasah, demikian tutur Kepala Madrasah Ahmad Asdi, S. Pd.
adapun kriteria penilaian Lomba dapat dilihat di web MAN 2 Pesisir Selatan.ardi.nq@gmail.com




PEDOMAN PENILAIAN KEBERSIHAN KELAS

Tanggal Penilaian        :………………………………….
Kelas                            :………………………………….
Nama Penilai              :………………………………….

I.     JURI  I

1.        Kebersihan lantai
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat bersih
lantai bebas dari pasir, tanah, kertas berserakan dan plastik serta tempat sampah kosong
4
bersih
lantai bebas pasir, tanah, kertas berserakan dan plastik serta tempat sampah berisi
3
kurang bersih
lantai ada pasir, tanah,plastik, tidak ada kertas, dan tempat sampah kosong
2
kotor
lantai ada pasir, tanah, kertas berserakan, plastik dan tempat sampah kosong
1
sangat kotor
lantai per baris terdapat pasir, tanah, kertas berserakan dan tempat sampah penuh


2.        Kebersihan lemari kelas
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat bersih
 100 % bebas coretan, debu dan sampah dalam lemari
4
bersih
bebas coretan, debu dan sampah dalam lemari
3
kurang bersih
bebas coretan, terdapat debu dan tidak terdapat sampah dalam lemari
2
kotor
terdapat coretan, debu dan bebas dari sampah dalam lemari
1
sangat kotor
terdapat coretan, debu dan  sampah dalam lemari


3.        Kebersihan meja dan kursi
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat bersih
100 % bebas coretan, debu atau sampah dalam/di bawah meja
4
bersih
3 meja/kursi ada coretan, debu, sampah dalam/di bawah meja
3
kurang bersih
4 meja/kursi ada coretan, debu atau sampah dalam/di bawah meja
2
kotor
5 meja/kursi ada coretan, debu atau sampah dalam/di bawah meja
1
sangat kotor
jika > 5 meja/kursi ada coretan, debu atau sampah dalam/di bawah meja

4.        Kebersihan papan tulis
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat bersih
100 % bebas dari coretan, sisa kapur atau spidol
4
bersih
 bebas dari coretan dan terdapat sisa kapur atau spidol
3
kurang bersih
terdapat sedikit coretan, sisa kapur atau spidol
2
kotor
banyak coretan, dan terdapat sisa kapur atau spidol
1
sangat kotor
terdapat banyak coretan dan endapan sisa kapur atau spidol

5.        Kebersihan jendela
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat bersih
100 % jendela bebas coretan/debu, dan dibuka
4
bersih
1 jendela ada coretan/debu, dan 1 jendela tertutup
3
kurang bersih
2 jendela ada coretan/debu, dan 2 jendela tertutup
2
kotor
 3 jendela ada coretan/debu, dan semua jendela ditutup
1
sangat kotor
jika > 3 jendela ada coretan/debu, dan semua jendela ditutup





6.        Keberadaan gambar presiden dan wakil presiden
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat rapih
ada, terpasang sejajar, tidak berdebu
4
rapih
ada, terpasang sejajar,  berdebu
3
kurang rapih
ada, tidak sejajar, berdebu
2
tidak rapih
hanya ada salah satu, berdebu
1
sangat tidak rapih
tidak ada gambar presiden dan wakil presiden

7.        Keberadaan penunjuk waktu
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat rapih
ada, terpasang, menyala, tidak berdebu
4
rapih
ada, terpasang, menyala,  berdebu
3
kurang rapih
ada, terpasang, tidak menyala, berdebu
2
tidak rapih
ada, tidak terpasang, tidak menyala, dan berdebu
1
sangat tidak rapih
tidak ada penunjuk waktu

8.        Keberadaan agenda guru dan daftar hadir siswa
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat rapih
ada, tidak ada coretan pada sampul, terisi
4
rapih
ada, tidak ada coretan pada sampul, belum terisi
3
kurang rapih
ada, terdapat coretan pada sampul, belum terisi
2
tidak rapih
hanya ada salah satu, terdapat coretan pada sampul, belum terisi
1
sangat tidak rapih
tidak ada agenda guru dan daftar hadir siswa

9.        Keberadaan jadwal mata pelajaran
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat rapih
ada, mudah dibaca, tidak berdebu/coretan
4
rapih
ada, mudah dibaca, tidak ada coretan, dan berdebu
3
kurang rapih
ada, kurang terbaca, berdebu/ ada coretan
2
tidak rapih
ada, tidak terbaca, berdebu/ ada coretan
1
sangat tidak rapih
tidak ada jadwal mata pelajaran

10.     Keberadaan struktur organisasi kelas
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat rapih
ada, mudah dibaca, tidak berdebu/coretan
4
rapih
ada, mudah dibaca, tidak ada coretan, dan berdebu
3
kurang rapih
ada, kurang terbaca, berdebu/ ada coretan
2
tidak rapih
ada, tidak terbaca, berdebu/ ada coretan
1
sangat tidak rapih
tidak ada struktur organisasi kelas

JURI II

11.      Keberadaan ATK
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat rapih
spidol, pulpen, dan penghapus siap pakai disimpan pada satu tempat yang tidak berdebu
4
rapih
spidol, pulpen, dan penghapus siap pakai disimpan pada satu tempat yang berdebu
3
kurang rapih
spidol,pulpen,dan penghapus siap pakai tidak disimpan pada satu tempat dan kotor
2
tidak rapih
spidol, pulpen,penghapus tidak siap pakai dan disimpan  tidak pada 1 tempat dan kotor
1
sangat tidak rapih
salah satu tidak ada

12.     Keberadaan inventaris lemari
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat rapih
ketersediaan barang pada lemari sesuai  data inventaris dan tidak berdebu/coretan
4
rapih
ketersediaan barang pada lemari sesuai  data inventaris dan berdebu/coretan
3
kurang rapih
ketersediaan barang pada lemari tidak sesuai data inventaris dan berdebu/coretan
2
tidak rapih
tidak tersedia data inventaris barang dan berdebu/kotor
1
sangat tidak rapih
tidak tersedia data inventaris barang, berantakan dan berdebu/kotor




13.     Keberadaan jadwal piket harian
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat rapih
terpasang, mudah dibaca dan tidak berdebu
4
rapih
terpasang, mudah dibaca dan sedikit berdebu
3
kurang rapih
terpasang, kurang terbaca, berdebu
2
tidak rapih
terpasang, tidak terbaca, berdebu
1
sangat tidak rapih
tidak ada jadwal piket harian

14.     Penataan meja guru
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat rapih
taplak meja, vas bunga, figura foto kelas tertata dan tidak berdebu
4
rapih
tidak terdapat salah satu, tertata dan tidak berdebu/coretan
3
kurang rapih
tidak terdapat salah satu, tertata dan berdebu/coretan
2
tidak rapih
hanya ada salah satu dan berdebu
1
sangat tidak rapih
tidak tersedianya taplak meja, vas bunga, figura foto kelas
15.     Penataan meja dan kursi siswa
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat rapi
tersusun rapi dari depan ke belakang, dari samping, dan sebanding
4
rapih
tersusun rapi dari depan ke belakang, dari samping, dan tidak sebanding
3
kurang rapih
tersusun rapi dari depan ke belakang, tidak rapi dari samping, sebanding
2
tidak rapih
tersusun rapi dari depan ke belakang, tidak rapi dari samping, tidak sebanding
1
sangat tidak rapih
tersusun tidak rapi dari depan ke belakang dan dari samping
16.     Penataan peralatan kebersihan kelas
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat rapi
tersedia sapu, lap lantai, karbol, ember dalam wadah yang tidak berdebu
4
rapih
tersedia sapu, lap lantai, karbol, ember dalam wadah yang berdebu
3
kurang rapih
tersedia sapu, lap lantai, tidak ada ember dalam wadah berdebu
2
tidak rapih
tersedia salah satu alat pembersih lantai dalam wadah berdebu
1
sangat tidak rapih
tidak tersedia alat pembersih lantai dalam wadah berdebu


17.     Kebersihan lantai di luar kelas
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat bersih
lantai bebas dari pasir, tanah, kertas berserakan dan plastik serta tempat sampah tertutup dan bersih
4
bersih
lantai bebas dari pasir, tanah, kertas berserakan dan plastik serta tempat sampah tertutup dan kotor
3
kurang bersih
lantai bebas dari pasir, tanah, kertas berserakan dan plastik tetapi tempas sampah terbuka
2
kotor
lantai terdapat pasir, tanah, kertas berserakan dan tempat sampah terbuka
1
sangat kotor
lantai terdapat pasir, tanah, kertas berserakan dan tempat sampah terbuka dan penuh

18.     Kebersihan  Bagian Belakang Kelas
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat bersih
Teras/ halaman belakang bersih  secara kontiniu dan kalau memungkinkan dihiasi taman
4
bersih
Teras/ halaman belakang  bersih tidak ada variasi taman
3
kurang bersih
Teras/ halaman belakang   kurang bersih
2
kotor
Teras/ halaman belakang   kurang bersih sampah berserakan
1
sangat kotor
Teras/ halaman belakang   kurang bersih dan tidak dibersihkan


19.     Pemilahan sampah organik dan anorganik
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat tertata
tong sampah tertutup dengan 100 % terpisahkan antara sampah organik dan anorganik
4
tertata
tong sampah terbuka dengan 100 % terpisahkan antara sampah organik dan anorganik
3
kurang tertata
tong sampah tertutup dengan tercampurnya antara sampah organik dan anorganik
2
tidak tertata
tong sampah terbuka dengan tercampurnya sampah organik dan anorganik
1
sangat tidak tertata
tidak terdapat tong sampah


JURI  III

20.     Keberadaan tanaman
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat tertata
tanaman pada pot yang bersih, tidak layu dan terdapat keterangan tanamannya
4
tertata
tanaman pada pot yang kotor, tidak layu dan terdapat keterangan tanamannya
3
kurang tertata
tanaman pada pot yang kotor, tidak layu dan tidak terdapat keterangan tanamannya
2
tidak tertata
tanaman pada pot yang kotor, layu dan tidak terdapat keterangan tanamannya
1
sangat tidak tertata
tidak terdapat tanaman

21.     Desaian Taman
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat tertata
100 % susunan taman teratur dengan baik
4
tertata
80% Susunan taman teratur dengan baik
3
kurang tertata
50 % Susunan taman teratur dengan baik
2
tidak tertata
40% Susunannya taman teratur dengan baik
1
sangat tidak tertata
Susunannya acak-acakan.

22.     Penanaman Bunga Puding
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat lengkap
Terdapat 5 (lima) tanaman pudding hidup setinggi 50 Cm
4
lengkap
Terdapat  4 (empat)  tanaman pudding hidup setinggi 50 Cm
3
kurang lengkap
Terdapat  3 (tiga) tanaman pudding hidup setinggi 50 Cm
2
tidak lengkap
Terdapat  2 (dua) tanaman pudding hidup setinggi 50 Cm
1
sangat tidak lengkap
Terdapat  1 (satu)  tanaman pudding hidup setinggi 50 Cm.

23.     Pemeliharaan dan tingkat kesuburan tanaman
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat subur
100% tanaman tumbuh dengan subur dan terdapat pupuk di sekitar rumpunnya
4
subur
80% tanaman tumbuh dengan subur dan terdapat pupuk di sekitar rumpunnya
3
kurang subur
60% tanaman tumbuh dengan subur dan terdapat pupuk di sekitar rumpunnya
2
tidak subur
40% tanaman tumbuh dengan subur dan terdapat pupuk di sekitar rumpunnya
1
sangat tidak subur
10% tanaman tumbuh dengan subur dan terdapat pupuk di sekitar rumpunnya


24.     Variasi taman dari Daur Ulang
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat baik
Terdapat 5 atau lebih tanaman tergantung dengan pot daur ulang
4
baik
Terdapat 4  tanaman tergantung dengan pot daur ulang
3
kurang baik
Terdapat 3  atau lebih tanaman tergantung dengan pot daur ulang
2
tidak baik
Terdapat 3  atau lebih tanaman tergantung dengan pot daur ulang
1
sangat tidak baik
Terdapat 1  atau lebih tanaman tergantung dengan pot daur ulang


25.     Kosistensi pemeliharaan taman
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat konsisten
Taman terawat secara terus menerus  (September s.d akhir penilaian)
4
konsisten
Taman terawat (September s.d akhir penilaian)
3
kurang konsisten
Taman kadang-kadang terawat (September s.d akhir penilaian)
2
tidak konsisten
Taman  kurang terawat (September s.d akhir penilaian)
1
sangat tidak konsisten
Taman tidak terawatt  terawat secara terus menerus  (September s.d akhir penilaian)

26.     Variasi Bunga
Skor
Kriteria
Uraian
5
sangat baik
Terdapat 5 jenis atau lebih tanaman bunga dan tertata rapi
4
baik
Terdapat 5  jenis tanaman kurang tertata rapi
3
kurang baik
Terdapat 4  jenis tanaman
2
tidak baik
Terdapat 3  jenis tanaman
1
sangat tidak baik
Terdapat 1  jenis tanaman

Ketentuan Penilaian:
1.        Penilaian dilakukan dari awal September s.d  hari sekolah terakhir(penyerahan rapor)
2.        Penilaian dilakukan sebanya 3 kali penilaian tanpa pemberitahuan terlebih dahulu
3.        Penilaian dilakukan oleh 3 orang Juri yang tidak terkait dengan masing-masing local
4.        Untuk point 2 dan 12 dimasukkan dalam penilaian apabila terdapat lemari di lokal yang bersangkuta( 24 point penilaian), bagi yang tidak ada, tidak dimasukkan dalam penilaian ( 22 point penilaian)
5.        Keputusan Dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
6.        Teknik Penilaian:
Juri I    = 25%
Juri II     =25%
Juri III   =50%
                  100%

Sago,  …………. 2017

Juri……………….




………………………………..

NIP …………………………..